PENDAHULUAN
Perbedaan individu dalam lingkungan pendidikan berkaitan dengan perbedaan para peserta didik dalam cara berfikir, bertindak, dan mengelola emosional dalam kelas. Perbedaan individu tersebut cukup banyak ditemukan dalam lingkungan pendidikan, terutama perbedaan pada kepribadian para peserta didik sebagai individu. Perbedaan-perbedaan tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan di setiap jenjang pendidikannya agar dapat menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang efektif sehingga para peserta didik akan mendapatkan pendidikan yang nyaman bagi perkembangan individunya. Perbedaan individu ini dapat dijadikan kebijakan khusus dalam menentukan metode mengajar bagi para tenaga pendidi. Dan hal ini telah dikemukan oleh peneliti terdahulu bahwa pada saat melaksanakan pembelajaran dengan peserta didik, para guru seharusnya memerhatikan variasi individu karena ini akan berdampak pada sistem pendidikan yang diimplementasikan.
PEMBAHASAN
Individu memiliki makna yang berasal dari Bahasa Yunani, yaitu tidak terbagi. Secara istilah, individu merupakan kesatuan yang terbatas karena sebagai manusia perseorangan. Individu yang berbeda membutuhkan tempat yang tepat untuk mengembangkan setiap potensi yang berbeda pada dirinya agar berkembang menjadi lebih baik. Pembelajaran yang tepat akan sangat dibutuhkan sehingga pendidik harus memahami setiap potensi dan kebutuhan potensi para peserta didiknya. Perbedaan individu dipahami dengan mengetahui karakteristik seseorang sebagai individu yang memiliki kecenderungan dan ditetapkan sebagai ciri-ciri yang khas pada setiap individu secara utuh. Karakteristik seseorang dapat diketahui dengan memahami klasifikasi antara karakter seseorang yang terdapat atau dimiliki sejak lahir dan karakter yang dimiliki seseorang setelah mendapat pengaruh lingkungan. Perbedaan individu dapat dilihat dari berbegai aspek berikut ini:
PENUTUP
Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Education and Learning Journal, 1(1), 40–49.
Riswanti, C., Halimah, S., Magdalena, I., & Silaban, T. S. (2020). Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 97–108.
Turhusna, D., & Solatun, S. (2020). Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 28–42.
Wahyuni, I. (2021). Perbedaan Individu: Ragam Gaya Belajar Dan Kiat Sukses Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 44–61.
Zuleni, E., & Rossa, R. (2024). Perbedaan Individu: Inteligensi, Bakat, Gaya Belajar Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Educativo: Jurnal Pendidikan, 3(1), 27–34.
Komentar
Posting Komentar